Cara Menghilangkan Bau Amis, Alot, Prengus Pada Daging Kambing

CARA MENGHILANGKAN BAU DAGING KAMBING – Hari perayaan idul adha telah berakhir. Namun, keberlimpahan daging yang ada masih belum berakhir. Hal ini karenanya banyaknya daging kurbang yang dibagikan kepada seluruh masyarakat.

Disamping itu, daging kambing yang paling banyak dibagikan ketimbang dengan daging sapi dengan perbandingan 1 : 3 akan membuat daging kambing anda berlimpah ruah.

Banyak jenis olahan daging kambing yang dapat dibuat oleh orang. Mulai dari sate, gulai, semur, dan jenis olahan lainnya. Tetapi, sebelum dihidangkan menjadi olahan daging kambing yang nimat dan lezat. Kambing menjadi momok yang kurang sedap dihidung sebagian orang.

cara menghilangkan bau daging kambing
liputan6.com

Hal ini dikarenakan baunya yang amis, alot, atau prengus yang tidak disukai oleh orang. Dan kebanyakan orang tidak menyukai daging kambing pun dikarenakan baunya yang amis ini.

Untuk itu bagi yang menyukai olahan daging terkhusus olahan daging kambing. Cara menghilangkan bau amis, alot, dan prengus pada daging kambing perlu diperhatikan lebih dalam. Dikarenakan dengan mengolah daging kambing agar tidak menghasilkan bau yang tidak sedap. Diperlukan penanganyang tidak sulit tetapi, tidak gampang juga.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah daging kambing untuk tidak menghasilkan bau amis, alot dan prengus di hidung anda:

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

 

Cara 1: Mengeluarkan Darah Daging

cara menghilangkan bau prengus daging kambing
blogspot.com

Pertama, yang harus diperhatikan dalam mendapatkan kambing yang tidak memiliki bau amis, alot dan prengus.  Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengeluarkan darah yang berada pada daging kambing. Hal ini dapat dilakukan saat kambing telah disembelih dan diketahui bahwa kambing telah mati seutuhnya.

Kemudian sebelum menguliti kambing. Kambing tersebut digantung secara terbalik, dengan kepala berada dibawah. Hal ini bertujuan untuk membuat darah yang masih terdapat didalam badan kambing dapat dikeluarkan secara baik dan akan mengurangi bau amis, alit dan prengus pada daging kambing. Akibat dari darah daging kambing yang menggumpal didalam daging.

 

Cara 2: Menghilangkan Kandungan Lemak

menghilangkan bau alot daging kambing
pertanianku.com

Cara kedua yang yang perlu diperhatikan dalam cara menghilangkan bau kambing adalah dengan menyingkirkan kandungan lemak pada daging kambing. Kebanyakan bau dari daging kambing dihasilkan oleh kandungan lemak ini. Dengan membuang lemak dari kambing tersebut maka, dapat menmgurangi bau amis, alot, prengus pada daging kambing.

Cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kandungan lemak pada daging kambing ini dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama adalah langusng memisahkan lkapisan lemak yang menempel pada daging setelah daging dipotong menjadi beberapa bagian. Atau dapat dengan memasukkan daging kedalam lemari es kemudian setelah membeku. Akan membuat lemak yang terkandung dalam daging kambing mudah untuk dipisahkan.

 

Cara 3: Jangan Mencuci Daging

menghilangkan bau daging kambing
himaproteinblog.blogspot.com

Pada umunya daging untuk menghilangkan baunya dilakukan dengan cara mencuci daging. Namun hal ini berbeda dengan daging kambing. Dengan karekteristik yang sedikit lebih unik dari daging lainnya. Daging kambing ketika dicuci maka, akan mengeluarkan bau khas prengus dari kambing tersebut.

Disamping ketika mencuci daging kambing akan menghasilkan bau kambing semakin kuat. Ketika mencuci daging kambing akan membuat membuat daging kambing semakin cepat untuk mengalami pembusukan.

Oleh karena itu, cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing adalah dengan langsung merebus daging. Dengan merebus daging dalam keadaan tidak tercuci akan mengurangi bau amis pada daging kambing.

Jangan juga mencuci daging sampai matang, cukup merebusnya sampai mendidih. Kemudian, air sisa rebusan dari daging kambing tersebut berupa kotoran dan busa serta sisa lemaknya dibuang. Kemudian, daging kambing dapat di olah seperti biasanya.

 

Cara 4: Memberi Taburan Garam

bau daging kambing
logo.com

Ketika anda terlanjur mencuci daging kambing tersebut anda dapat mengurangi baunya dengan cara menaburkan atau melumuri daging kambing dengan garam. Dengan melaburi seluruh permukaan daging dengan garam akan menetralkan bau tidak sedap yang dihasilkan oleh sisa darah kambing tersebut.

Caranya adalah melaburi secara merata pada seluruh bagian garam dengan garam halus maupun garam kasar. Setelah itu biarkan daging selama 60 menit didalam wadah. Setelah itu, silahkan cuci daging kambing tersebut dengan air dan merebusnya. Kemudian, silahkan olah daging kambing anda sesuai dengan resep kesuakaan anda dan keluarga.

 

Cara 5: Memberi Nanas Pada Permukaan Daging

parutan nanas pada daging kambing
tipsdantrik.com

Disamping dapat melembutkan dan membuat daging kambing menjadi lunak. Ternyata nanas juga dapat menghilangkan bau daging kambing. Caranya yang dapat dilakukan untuk menghilang bau prengus pada daging kambing dengan menggunakan nanas.

Pilihlah nanas yang masih muda dikarenakan kita memanfaatkan getah dari nanas tersebut. Kemudian, nanas diparut dan disimpan dalam wadah berupa mangkuk. Setelah itu, masukkan daging kambing yang telah dipotong kedalam wadah tersebut. Dapat juga dengan cara melaburi seluruh bagian daging dengan nanas.

Setelah itu, tunggulah sekitar 10-20 menit untuk menghilangkan bau prengus daging kambing. Perlu diperhatikan untuk tidak menyimpannya terlalu lama karena akan membuat tekstur daging kambing menjadi sangat lunak.

 

Cara 6: Rebus dengan rempah-rempah

rempa rempah
khasiat.com

Kalau Anda lebih suka mencuci daging lebih dulu, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

Kalau ternyata daging kambing yang akan diolah sudah terlanjur dicuci, maka cara mengolah daging kambing supaya tidak bau adalah dengan merebusnya dengan rempah-rempah alami. Rempah-rempah yang digunakan harus memiliki aroma yang kuat sehingga bau prengusnya bisa hilang. Temna-teman bisa menggunakan daun jeruk, batang serai, daun kemangi, jahe, cengkeh, kapulaga ataupun jenis rempah lainnya yang beraroma kuat.

 

Cara 7: Berikan Parutan Pir

parutan buah pir untuk menghilangkan bau daging kambing
alodokter.com

Selain buah nanans, ternyata buah pir juga merupakan salah satu bahan yang dapat melunakkan daging setelah dipotng. Dengan menggunakan pir selain melunakkan daging juga berfungsi untuk menetralkan bau dari daging kambing tersebut.

Caranya adalah ambillah 2-3 buah pir secukupnya sesuai dengan banyaknya daging yang ada. Kemudian, buah pir tersebut di parut halus lalu dibaluri di seluh bagian dari daging kambing.

 

Cara 8: Bungkus Dengan Daun Pepaya

daun pepaya untuk menghilangkan bau daging
khasiatdaun.com

Cara menghilangkan bau kambing adalah dapat menggunakan dedauan yang memiliki fungsi untuk mengatasi bau prengus daging kambing. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun pepaya. Didalam daun pepaya terdapat suatu enzim yang dapat menetralkan bau dari daging kambing. Serta juga dapat membuat daging kambing menjadi lembut.

Cara menggunakan nya adalah dengan mengambil daun pepaya yang kemudian dibersihkan dengan air atau lap basah. Kemudian membungkus daging kambing yang telah dipotong dengan baik dan disimpan diwadah. Jika anda tidak mempunyai daun pepaya anda juga dapat juga menggunakan daun jambu dan daun jati sebagai pengganti daun pepaya.

 

Cara 9: Lumuri Dengan Jeruk Nipis

jeruk nipis untuk menghilangkan bau daging kambing
hewanternak.com

Sangat banyak khasiat yang dapat diberikan oleh jeruk nipis, baik buahnya maupun daunya. Jeruk nipis selain baik untuk melunakkan daging kambing. Jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengurangi bau amis, alot, prengus daging kambing.

Caranya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau daging kambing adalah dengan memeras jeruk nipis tersebut. Kemudian air perasan jeruk nipis dibaluri keseluruh bagian dari daging kambing untuk menghilangkan baunya. Disamping hal tersebut untuk menghilangkan bau dari daging kambing. Jeruk nipis juga berfungsi untuk mematikan bakteri yang ada dalam daging kambing.

Jangan lupa untuk tidak terlalu lama merendam daging kambing dalam perasan jeruk nipis karena dapat merusak daging juga. Rendamlah daging kambing kurang lebih sekitar 30 menit. Kemudian, daging kambing yang telah direndam dcuci dalam dair yang mengalir. Lalu, dapat dimasak seperti biasanya.

 

Leave a Comment