5+ Manfaat Buah Tin Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

MANFAAT BUAH TIN – Buah tin sudah sangat masyhur. Selain sudha populer di tengah masyarakat, namun manfaat buah tin juga termaktub dalam Al-Qur’an lhoo., yakni surat At-Tin 1-2

Berikut ini firman Allah SWT dalam Al-Qur’an dan hadits terkait khasiat buah tin bagi manusia.

”Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:

“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“  (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad )”

Firman dan hadist diatas sejatinya merupakan penegasan manfaat buah tin bagi manusia, buat kamu yang belum mengetahui lebih jauh manfaat buah tin, berikut ulasannya buat kamu.

Namun sebelum kita membahas informasi tersebut, silahkan simak terlebih dahulu informasi kandungan buah tin dan nutrisinya.

Manfaat Buah Tin

manfaat buah tin
hellosehat.com

Buah tin berperan sebagai buah dengan kandungan nutrisi yang sangat  lengkap, baik itu nutrisi dalam bentuk vitamin maupun mineral. Kandungan yang kaya inilah menjadi alasan para ahli memposisikan buah tin sebagai buah super nutrition.

Dilansir dari California Fig-s Advisory, Nutritional value per 100 g (3.5 oz) antara lain adalah:

  • Energi 250 kcal 1040 kJ
  • Karbohidrat 63.87 g
  • Gula 47.92 g
    Dietary fiber (serat) 9.8 g
  • Lemak 0.93 g
  • Protein 3.30 g
  • Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%
  • Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%
  • Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%
  • Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
  • Vitamin B6 0.106 mg 8%
  • Magnesium 68 mg 18%
  • Folat (Vit. B9) 9 μg 2%
  • Vitamin C 1.2 mg 2%
  • Zinc 0.55 mg 6%
  • Kalsium 162 mg 16%
  • Iron 2.03 mg 16%
  • Fosfor 67 mg 10%
  • Potassium 680 mg 14%

Nilai nutrisi  dalam buah tin memang lumayan tinggi, akan tetapi sangat jarang masyarakat Indonesia yang mengonsumsi buah tin secara rutin. Biasanya buah satu ini dibeli untuk oleh-oleh ibadah haji dan umroh. Padahal di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak budidaya buah tin, hanya saja harganya terbilang masih cukup mahal.

Mengatasi Darah Tinggi dan Jantung Koroner

manfaat buah tin
daquagrotechnoorg

Tekanan darah tinggi dapat muncul diakibatkan adanya karena menyempitnya pembuluh darah, jika kondisi tersebut tidak ditangani segera, justru berpotensi menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner yang mengancam keselamatan.

Disamping itu, buah tin mengandung senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan-kandungan semacam mineral alami ini relatif berkhasiat untuk menekan tensi darah tinggi dan mencegah timbulnya penyakit jantung koroner.

Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

manfaat buah tin
kebunpertanianku.blogspot.com

Buah tin populer dengan  jenis buah yang memiliki kandungan serat larut sangat baik. Menurut para ahli, kandungan serat larut berupa pektin dalam buah tin cukup berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat buah tin dapat muncul ketika pektin masuk kedalam tubuh, kandungan tersebut akan memusnahkan  segala macam bentuk  kolesterol dan membuangnya melalui sistem ekskresi. Baik itu ekskresi berupa BAB, keringat, maupun dalam bentuk air seni.

Mencegah Serangan Jantung

manfaat buah tin
kelambit.com

Sudah menjadi rahasia umum jika penyakit  jantung menjadi momok paling mematikan nomor satu di seluruh dunia, kurang dari satu menit 1 orang meninggal dunia akibat serangan jantung. Oleh karena itu, cegah penyakit jantung mulai dari sekarang.

Penyebab  serangan jantung dikarenakan kadar natrium dalam tubuh lumayan tinggi, natrium ini akan menimbulkan penyempitan pembuluh dan plak yang membuat olah kerja  jantung semakin berat dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh.

Berdasarkan  penelitian yang telah dilakukan di Kerajaan Arab Saudi, dalam buah tin terkandung senyawa kalium tinggi yang cukup efektif  untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Para ahli juga berpendapat, konsumsi buah tin seminimal-minimalnya  1x sehari akan membantu menekan resiko Anda terkena serangan jantung mendadak.

Cocok Bagi Penderita Diabetes

manfaat buah tin
nps.org.au

Diabetes ngga boleh makan yang manis-manis? Di sini kamu temukan jawabannya,   meskipun buah tin itu manis, kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah tin justru tidak akan membuat kadar gula dalam darah Anda meningkat.

Hal ini disebabkan, karena  selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin juga mengandung serat larut dan karbohidrat. Kedua , kandungan semacam  inilah yang akan memperlambat proses penyerapan gula berlebih pada sistem pencernaan secara maksimal. Bahkan, para ahli bersepakat bahwasanya buah  tin  ini juga cukup efektif untuk mencegah diabetes, selama mematuhi syarat agar konsumsi tidak berlebihan.

Mencegah Kanker Mematikan

manfaat buah tin
organicfacts.net

Di samping  serangan jantung, kanker juga menjadi jenis penyakit mematikan nomor kedua di dunia. Timbulnya kanker dapat disebabkan karena berbagai macam hal, salah satunya adalah faktor radikal bebas.

Adanya radikal bebas sangat memungkinkan  terjadinya kerusakan pada  sel kulit dan menghidupkan pertumbuhan sel kanker. Sebagai pencegahan, kamu dapat mengonsumsi buah tin. Sebab, dalam buah tin terkandung  polyfenol yang berperan  sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Kita semua patut bersyukur, karena cukup banyak  jenis kanker yang dapat dicegah melalui konsumsi buah tin, seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker otak, dan lain sebagainya. Selain itu, kandungan serat larutnya  juga cukup efektif mencegah kanker kolon (usus besar).

Mencegah Keropos Tulang dan Menguatkannya

manfaat buah tin
id.aliexpress.com

Manfaat buah tin / ara berikutnya yaitu banyak manfaat buah tin yang baik untuk tulang. Contoh saja Osteoporosis, merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang bisa dicegah dengan mengonsumsi buah tin secara berkala..

Buah tin juga mengandung  senyawa kalsium yang cukup tinggi, bahkan ahi gizi mengungkapkan kandungan kalsium dan fosfor dalam buah tin lebih tinggi dari pada kandungan dalam fosfor pada susu.

Nah, buat kamu yang sudah masuk usia 30 tahun  keatas,  konsumsi kalsium pada buah tin sangat berkhasiat untuk mencegah osteoporosis, sedangkan untuk anak-anak nutrisi tersebut akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi secara baik.

Menambah Tinggi Badan

pohon tinggi
sumber: natgeo.com

Bosan dengan tinggi badan yang segitu doang?  Kalau iya, kamu bisa mengonsumsi buah tin setiap harinya. Kekayaan kandungan mineral alaminya bisa menunjang proyek tinggi badan seperti  kalsium, fosfor, magnesium dans ebagainya.  Kekayaan manfaat dalam buah satu ini cukup berkhasiat untuk menambah tinggi badan kamu secara optimal.

Tidak hanya  menambah tinggi badan, kandungan nutrisi lengkap dalam manfaat buah tin juga baik untuk mensubtitusi  konsumsi susu buat kamu yang mengalami alergi susu, terutama  susu sapi.

Nah, demikian bahasan seputar  manfaat dan kandungan buah tin yang perlu digali dan menjadi referensi untuk memulai kehidupan yang lebih sehat. Oleh karena itu, sejatinya obat tidaklah jauh dari lingkungan di sekitar kita. Mari berbuat yang positif hari ini, memulai segalanya dengan maksud mensyukuri nikmat kehidupan kepada kita.

Leave a Comment