7 Puasa Sunnah yang Besar Keutamaannya beserta Penjelasannya

Menjalankan perintah Allah berdasarkan tuntunan Rasulullah memang merupakan hal yang patut dilaksanakan oleh seorang muslim yang taat kepada Allah. Terdapat banyak amalan – amalan Sunnah yang dapat dilakukan oleh seorang hamba untuk lebih mendekatkan dirinya kepada Allah, salah satunya adlaah dengan melaksanakan puasa sunnah.

Berdasarkan tuntunan  syariat islam, puasa dibagi 4 jenis dari segi hukumnya. Jadi 4 jenis puasa ini adalah puasa wajib, puasa sunnah, puasa makruh, dan puasa haram. Namun kali yang kita akan bahas adalah puasa sunnah, terutama macam-macam puasa sunnah yang bisa kita amalkan.

Puasa Sunnah

amalan puasa sunnah
sumber: interiorhome.com

Pengertian Puasa Sunnah sendiri yaitu menahan diri dari makan dan minum, serta segala hal yang membatalkannya mulai dari terbit fajar sampai buka puasa yaitu terbenamnya matahari. Bagi yang melaksanakannya maka menerima pahala dari Allah Subhanallahu wa Ta’ala. Dan bagi yang tidak mengerjakan tidak berdosa.

Jadi dapat disimpulkan bahwa puasa sunnah merupakan puasa yang tidak diwajibkan bagi umat islam tapi bagi yang mengerjakan puasa sunnah ini maka akan mendapatkan pahala dari Allah.

Hikmah dari puasa sunnah dapat menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiat, bisa menyehatkan tubuh, melatih diri untuk lebih baik terutama menahan hawa nafsu, serta mendapatkan ridho Allah.

Macam-macam puasa sunnah sebagai berikut :

1. Puasa Nabi Daud

keutamaan puasa daud
Sumber: squarespace.com

Puasa Nabi Daud merupakan puasa yang mana dilaksanakan secara selang-seling, yaitu sehari puasa dan sehari tidak puasa.

Keutamaan puasa Nabi Daud Alaihissalam mendapatkan keistimewaan dari Allah Subhanallahu wa Ta’ala. Berdasarkan hadits yang berbunyi sebagai berikut :

لَا صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ عليه السَّلَام شَطْرَ الدَّهَرِ صُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا

Artinya : “tidak ada puasa (yang lebih utama) diatas puasa Dawud Alaihisssalam,setengah tahun,berpuasalah sehari dan berbukalah sehari.” (HR.Bukhari: 1879,Muslim:1159)

Dan berdasarkan Hadits dari Abdullah bin Amr bin ‘Al-Ash radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah bersabda :

أَحَبُّ الصِّيَامِ إلى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ كان يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا وَأَحَبُّ الصَّلَاةِ إلى اللَّهِ صَلَاةُ دَاوُدَ كان يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ

Artinya : “puasa yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah puasa Dawud,beliau berpuasa sehari dan berbuka sehari.Dan shalat yang paling dicintai Allah adalah shalatnya Dawud,beliau tidur dipertengahan malam,lalu bangun (shalat) pada sepertiga malam,dan tidur pada seperenamnya.” (HR.Bukhari :3238,dan Muslim:1159)

2. Puasa Senin-kamis

Puasa Senin kamis
Sumber: pixabay.com

Puasa senin-kamis adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari senin dan kamis namun bukan pada hari yang tidak dilarang dalam berpuasa. puasa ini merupakan puasa yang paling sering diamalkan oleh Rasulullah.

Berdasarkan hadits diriwayatkan Ibnu Majah dan lainnya dari Aisyah radhiallahu’anha bahwa Rasullullah ditanya tentang puasanya, Beliau menjawab :

 وَكَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

Artinya : “adalah beliau senantiasa menjaga puasa pada hari senin dan kamis” (HR.Tirmidzi (745),Ibnu Majah:1739,An-Nassai (2187),Ibnu Hibban (3643).dan dishahihkan Al-Albani dalam shahih Ibnu Majah)

Keutamaan puasa senin-kamis ini dapat menghapus dosa atau Allah mengampuni dosa kita. Sebagaimana hadits riwayat Abu Hurairah radhiallahu’anhu :

تُفَتَّحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يوم الإثنين وَالْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ فِيهِمَا لِمَنْ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شيئا إلا الْمُهْتَجِرَيْنِ يُقَالُ رُدُّوا هَذَيْنِ حتى يَصْطَلِحَا

Artinya : “dibuka pintu-pintu surga pada hari senin dan kamis,lalu diampuni (dosa) setiap orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun,kecuali dua orang yang saling bertikai,dikatakan: biarkan mereka berdua sampai keduanya berbaikan.” (HR.Tirmidzi (2023),Ibnu Majah (1740),dan dishahihkan Al-Albani dalam shahih Tirmidzi dan Ibnu Majah)

3. Puasa Arafah

puasa arofah
Sumber: ihram.asia

Puasa arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan di hari ke-sembilan pada bulan Dzulhijjah bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Keutamaan dari puasa arafah sendiri yaitu dapat menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Abu Qatadah radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah pernah ditanya tentang puasa arafah. Kemudian Beliau menjawab :

يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Artinya : “menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR.Muslim:1162)

Akan tetapi bagi yang melaksanakan haji, misalnya sedang wukuf di arafah dalam rangka menunaikan ibadah haji maka tidak dianjurkan berpuasa di hari itu. Berdasarkan hadits dari Ibnu Umar radhiallahu’anhu yaitu :

حَجَجْتُ مع النبي e فلم يَصُمْهُ وَمَعَ أبي بَكْرٍ فلم يَصُمْهُ وَمَعَ عُمَرَ فلم يَصُمْهُ وَمَعَ عُثْمَانَ فلم يَصُمْهُ وأنا لَا أَصُومُهُ ولا آمُرُ بِهِ ولا أَنْهَى عنه

Artinya : “aku menunaikan ibadah haji bersama Nabi shallahu ‘alaihi wasalam dan beliau tidak berpuasa pada hari itu,aku bersama Abu Bakar radhiallahu’anhu beliau pun tidak berpuasa padanya,aku bersama Umar dan beliau pun tidak berpuasa padanya,aku bersama Utsman dan beliau pun tidak berpuasa padanya. Dan akupun tidak berpuasa padanya,dan aku tidak memerintahkannya dan tidak pula melarangnya.” (HR.Tirmidzi:751.Dishahihkan Al-Albani dalam shahih Tirmidzi)

4. Puasa Ayamul Bidh

Puasa ayamul bidh
Sumber: kalastro.id

Puasa Ayamul Biadh yaitu puasa 3 hari di pertengahan bulan. Pelaksanaannya selama 3 hari di setiap pertengahan bulan.

berdasarkan hadits riwayat Abu Dzar radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah bersabda :

يا أَبَا ذَرٍّ إذا صُمْتَ من الشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلَاثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya : “wahai Abu Dzar,jika engkau hendak berpuasa tiga hari dalam sebulan,maka berpuasalah pada hari ketiga belas,empat belas dan lima belas.” (HR.Tirmidzi:761,An-Nasaai:2424,ahmad:5/162,Ibnu Khuzaimah: 2128,Al-Baihaqi: 4/292.Dihasankan oleh Al-Albani dalam Al-Irwa’:4/101-102)

Dalam hadits lain disebut sebagai “hari-hari putih” karena malam-malam pas tanggal itu bulan bersinar terang.

أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ e أَنْ نَصُومَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاثَةَ أَيَّامِ الْبِيضِ ثَلاثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya : “Rasulullah shallahu ‘alaihi wasalam memerintah kami untuk berpuasa tiga hari-hari putih dalam setiap bulan:13,14 dan 15.” (HR.Ibnu Hibban:3656)

Keutamaan puasa Ayamul Biadh :

  • Biasa mengendalikan hawa nafsu
  • Anggota tubuh juga dapat beristirahat setiap bulannya
  • Bisa menjalankan sunnah Nabi dan sekaligus menghidupkan

5. Puasa Bulan Muharram

Puasa Bulan Muharram
Sumber: ciistores.com

Pada bulan Muharram merupakan bulan yang dianjurkan memperbanyak ibadah puasa. Di dalam bulan muharram ini terdapat puasa Asyura (10 Muharram). Puasa ini adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada besok harinya susudah puasa sunnah Tasu’a.

Imam Syafii, Imam ahmad, Ishaq bin Rahuyah dan ulama lainnya menyatakan bahwa dinjurkan untuk berpuasa pada hari kesembilan dan kesepuluh di bulan Muharram secara berturut-turut.

Hadits riwayat Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah bersabda :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Artinya : “Seutama-utama puasa setelah Ramadlan ialah puasa di bulan Muharram, dan seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu, ialah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163)

Untuk hadits yang lain dari Abu Qatadah Al Anshari :

يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya : “menghapus dosa setahun yang telah lalu.” (HR.Muslim:1162)

Puasa Asyura 10 Muharram ini adalah salah satu puasa sunnah yang terbaik dan terutama setelah melaksanakan ibadah puasa Ramdhan. Dan keutamaan puasa Asyura yaitu diampuni semua dosa setahun yang lalu dan diampuni dosa setahun yang akan datang. Maksud semua dosa disini adalaha dosa-dosa yang kecil sedangkan dosa yang besar tidak diampuni kecuali dengan bertaubat dan rahmat dari Allah.

6. Puasa Syawal

Puasa 6 Syawal
Sumber: nu.or.id

Puasa Syawal yaitu puasa sunnah yang dikerjakan selama 6 hari di bulan Syawal sebagaimana sunnah Nabi Muhammad Sholallahu alaihi Wassalam. Adapun caranya bisa dilaksanakan secara berturut-turut mau pun terpisah.

Menurut dari Fatawa Ibni Utsmani di kitab “Ad-Da’wawh” 1:52-53 menyatakan sebagai berikut ““Boleh mengerjakan puasa sunnah secara berturut-turut mau pun terpisah-pisah. Tapi, melaksanakannya dengan berurutan, itu lebih utama sebab menunjukkan sikap bersegera dalam mengerjakan kebaikan, dan tidak menunda-nunda amal yang dapat mengakibatkan tidak jadi beramal.”

Keutamaan puasa 6 hari di Bulan Syawal maka seperti puasa selama satu tahun penuh. sebagaimana hadits berikut :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya : “Siapa saja yang berpuasa Ramadan, kemudian diikuti puasa enam hari bulan Syawal, maka dia seperti puasa satu tahun.” (HR. Ahmad dan Muslim).

7. Puasa Sya’ban

 

Puasa SYa'ban
Sumber: lelong.my

 

Puasa sunnah lainnya yang dianjurkan Rasullulah yaitu puasa Sya’ban yang dilaksanakan di bulan sya’ban. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan Aisyah yaitu :

فما رأيت رَسُولَ اللَّهِ  اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إلا رَمَضَانَ وما رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا منه في شَعْبَانَ

Artinya : “aku tidak pernah melihat Rasulullah shallahu ‘alaihi wasalam menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali ramadhan,dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak dari bulan sya’ban,” (HR.Bukhari:1868)

Keutamaan puasa Sya’ban diantaranya yaitu :

  • Akan membawa keberkahan dan rahmat dengan dijauhkan dari api neraka.
  • Berpuasa 3 hari di permulaan, pertengahan, atau di akhir bulan sya’ban mendapatkan nikmat Allah seperti mendapatkan pahala 70 Nabi dan layaknya beribadah selama 70 tahun. Dan apabila meninggal dalam keadaan tersebut maka seperti mati syahid.
  • Dosanya akan diampuni oleh Allah.
  • Akan dimudahkan dalam menghadapi sakaratul maut dan terlepas dari kegelapan dialam kubur.

Demikianlah macam-macam puasa sunnah yang besar keutamaannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa kita amalkan dengan baik.

Leave a Comment